Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pertanda Smartphone Anda Terkena Virus

Seringkali saat menggunakan smartphone, kehadiran dari virus bisa menciptakan ulah pada berbagai macam perangkat elektronika. Tak hanya pada komputer saja, melainkan juga kini dapat menyerang pada smartphone alias HP Agan.

Virus yang menyerang pada smartphone & Mengganggu di dalamnya, kadang  mudah di jumpai di berbagai oleh pengguna internet smartphone yang awam.

Perlu diketahui, seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone android dari tahun ke tahun, menciptakan para penjahat cyber lebih senang  menargetkan kepada para pengguna smartphone berbasis sistem operasi android sebagai sasaran empuk mereka.

Bahkan, yg jauh lebih parahnya lagi, bisa dikatakan lebih dari 50% virus atau malware yang diciptakan, lebih ditujukan buat menyerang perangkat-perangkat android.

Tentu, dengan adanya hal ini, menjadi salah  satu ancaman jelek bagi diri kita yang tak jarang menggunakan HP Android untuk melakukan banyak sekali macam kegiatan atau aktivitas, seperti halnya belanja online, melakukan transaksi mobile banking dan lain sebagainya, yang berkaitan langsung dengan data pribadi.

Apabila kita sebagai pengguna sedikit saja lengah, maka segala aktivitas ataupun kegiatan yg memiliki kaitan & interaksi menggunakan internet sampai data pribadi pengguna bisa dengan gampang dimata-matai oleh orang yg tak bertanggung jawab.

Lantas, apakah smartphone android yang saat ini Agan gunakan ternyata terindikasi terinfeksi virus atau bahkan malware yg sangat berbahaya? Untuk mengetahui hal tadi, kita simak ciri-ciri smartphone terkena virus ini dia.

Ciri-ciri Smartphone Terkena Virus

1. Muncul Iklan Pop-up

Tanda-indikasi yang pertama smartphone terkena virus adalah adanya iklan yg ada pada perangkat, pada mana timbul begitu seringkali, terlebih apabila ada iklan atau pesan yg ada menggunakan pop-up, pada mana sangat mengganggu pengguna dalam beraktivitas memakai smartphone.

Jika Agan  menemukan iklan ini pada aplikasi ataupun game, bahkan website yg ternyata menampilkan, itu lumrah, bukanlah virus & tidak mengganggu.

Lain cerita apabila yang muncul merupakan iklan pop-up yang :

  • Muncul secara terus-menerus
  • Hampir menutupi seluruh layar
  • Muncul pada homescreen smartphone

Maka itu dapat menjadi salah satu tanda apabila terdapat virus atau malware yang mengganggu, pada mana berupa sebuah iklan pop-up.

Kebiasaan menurut iklan pop-up ini yang datang ketika kita tak browsing, bisa timbul sendiri. Munculnya juga kadang mengganggu, terdapat pada homescreen, lockscreen, atau saat membuka pelaksanaan yg biasanya tak ada iklan, tiba-datang muncul iklan pop-up yang begitu tidak relevan, super-duper mengganggu.

Jika memang benar iklan pop-up tersebut, alangkah baiknya jangan diklik iklan tersebut, lantaran jika diklik, bisa sebagai salah  satu jalan bagi para penjahat cyber buat menjerumuskanmu untuk merogoh aneka macam data yang langsung dapat bersifat krusial pada pada smartphone.

2. Kuota Internet Menjadi Lebih Cepat Habis

Kuota yang cepat habis bisa juga menjadi tanda apabila smartphone yg Agan miliki ternyata sebenarnya sedang terjangkit sang virus.

Cobalah buat melakukan pengecekan terlebih dahulu, aplikasi apa saja yg memang benar memakan kuota internet milik Agan. Cara untuk mengeceknya juga cukup mudah :

  • Bukalah pengaturan (settings)
  • Klik penggunaan data/pemakaian data (data usage)

Dari situlah, Agan dapat dengan mudah untuk menengok berbagai macam aplikasi yg memakan kuota Agan. Apabila memang terdapat aplikasi yang memang sering agan gunakan, maka itu bukan berarti berasal dari virus.

Tetapi,  apabila terdapat sebuah aplikasi yang menurut Agan tidak pernah gunakan, tapi sebagai yg teratas menghabiskan kuota, maka bisa dibilang ini berbahaya dan harus cepat-cepat hapus pelaksanaan tersebut.

3. Proses Booting Berjalan Lama

Smartphone yang mempunyai proses booting yg berlangsung cukup lama menurut biasanya, pada umumnya memang terjadi lantaran RAM dan memori internal yg terdapat dalam smartphone terlalu rendah atau malah hampir penuh dalam penggunaannya.

Akan tetapi, jika smartphone yang Agan miliki ternyata memiliki spesifikasi mumpuni atau tinggi, akan tetapi masih saja proses booting berjalan lama, dapat dicurigai apabila smartphone tersebut terinfeksi adanya malware yg menyerang.

Jika kondisi yang terjadi ini telah terlanjur parah, maka alangkah baiknya buat melakukan factory reset, misalnya apa yg disarankan atau direkomendasikan.

4. Smartphone Mendadak Mati waktu Menerima Telepon

Jika Agan seorang pengguna yang pernah mengalami hal yg satu ini terjadi. Bisa jadi apabila di pada smartphone milikmu sudah terjangkit sebuah virus, malware atau sejenisnya.

Salah satu hal yang sanggup dilakukan sang penjahat ini ialah mempengaruhi telepon atau panggilan yang masuk. 

Namun, apabila memdadak mati waktu menerima telepon tidak hany dapat terjadi karena ulah virus saja, melainkan :

  • Jaringan yang sedang terganggu
  • Pulsa berdasarkan si penelepon yang sudah habis
  • Pulsamu yang sudah habis
  • Yang terakhir, lantaran terindikasi oleh adanya virus pada pada smartphone milikmu

5. Baterai Menjadi Cepat Habis

Ciri karakteristik smartphone terkena virus yg selanjutnya adalah baterai smartphone yang kian boros atau cepat habis, padahal pada penggunaan masuk akal alias normal.

Jika memang terjadi poin ini, padahal hanya memakai smartphone secara masuk akal & tidak menginstall pelaksanaan yang berat, maka Agan wajib  curiga akan hal ini. Beda halnya apabila terinstall game berat, itu sah-sah saja apabila baterai menjadi boros.

Apabila Agan curiga, bisa jadi terdapat aplikasi lain yang tengah bekerja pada belakang layar smartphone Agan , di mana mampu dikatakan itu merupakan virus!

Cobalah buat mencari tahu apakah memang  terdapat aplikasi yg tidak diinginkan, yg hadir di smartphone milik Agan. Gampang buat cara mengeceknya, dapat dengan menggunakan cara :

  • Bukalah pengaturan (settings)
  • Klik pelaksanaan (application)

Jika Agan secara jeli mengeceknya, kemungkinan bakal ada sebuah aplikasi asing atau yang mampu dikatakan aplikasi yg tak sengaja masuk ke pada smartphone milik Agan, di mana aplikasi tersebut berusaha buat merekam segala macam bentuk gerak-gerik dari kegiatan atau aktivitas Agan di waktu menggunakan smartphone.

6. Sering Redirect Otomatis Malware

Jika Agan memang tengah asyik melakukan browsing pada internet, bahkan ketika tengah membuka suatu aplikasi, namun tau-tau dialihkan (redirect) otomatis ke situs yang begitu mencurigakan, ini sangat berbahaya!

Dari sinilah, Agan wajib waspada, karena bisa saja, smartphone yang Agan miliki & Agan pakai kini  , terjangkit sebuah malware!

7. Smartphone Jauh Lebih Lemot

Smartphone yang lemot atau lag memang merupakan suatu hal yang wajar, lantaran tentu hampir seluruh pengguna smartphone pernah mengalaminya.

Biasanya, smartphone yang lemot diakibatkan sistem yang menjalankan berbagai macam aplikasi secara sekaligus pada saat bersamaan.

Dengan menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu, maka android dapat memakan begitu banyak RAM pada smartphone. Tak hanya itu saja, smartphone yang lemot juga bisa diakibatkan lantaran kapasitas memori internal yang sudah hampir penuh.

Tetapi, bagaimana jika smartphone tadi lemot, walau hanya terinstall beberapa aplikasi dan tidak menggunakannya terlalu sering, ditambah tidak menginstall game berat? Mulai dari sini, Agan mesti curiga dan waspada!

Bisa jadi, smartphone sudah disisipi sang virus yang bekerja secara diam-diam pada belakang layar smartphone. Untuk cara mengatasinya, hampir sama dengan beberapa poin di atas, cari aplikasi yang menurut Agan mencurigakan pada pengaturan, kemudian hapus.

8. Sering Restart Sendiri, Tanpa Sebab

Jika smartphone android milikmu ternyata  sering restat sendiri atau tak jarang sampai mati sendiri, kemungkinan sistem android milik Agan telah tersisispi mallware / virus.

Tentu, terdapat begitu banyak hal yang bisa mengganggu sistem android, seperti :

Cara paling gampang untuk mengatasi hal tadi adalah melakukan scanning, menggunakan software  antivirus, guna mendeteksi apakah terdapat virus pada dalamnya atau tidak.

9. Mendapatkan Pesan Singkat (SMS) yang Isinya Aneh

Apabila suatu hari Agan pernah mendapatkan SMS aneh yang mana Agan sendiri tidak pernah melakukan apa-apa, terdapat kemungkinan bila smartphone tengah disadap oleh pihak yg tidak bertanggung jawab.

Pada umumnya, SMS aneh yang masuk ini digunakan oleh penyadap atau peretas buat merogoh atau mencuri akun, serta data perbankan, sampai data login ID media sosial yang terdapat dalam smartphone.

Teknik yang digunakan sang peretas umumnya dikenal menggunakan teknik phising. Biasanya, mereka akan mengirimkan SMS berisi link yang tak berguna sama sekali. Jadi, lebih baik segera hapus saja pesan singkat yang tak tidak jelas sumbernya tersebut.

Tak hanya itu saja, yg jauh lebih parahnya lagi, bila smartphone Agan terkena oleh malware, ternyata bisa melakukan panggilan ke angka telepon tertentu secara otomatis dan diam-diam tanpa Agan sadari!

11. Banyak File yang Tidak Dikenal, Berada pada Penyimpana

Kalian yang seringkali bolak-balikmelihat ruang penyimpanan, pasti pernah menemukan suatu arsip atau berkas yang tidak dikenal di dalamnya.

Biasanya apabila sebuah smartphone android terkena virus, maka sebuah file yang berekstensi aneh akan muncul dan biasanya dapat membelah diri atau menyebar. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor dari penuhnya penyimpanan yang Agan miliki.

12. Koneksi Internet Otomatis Tersambung Tanpa Dinyalakan

Jika Agan pernah melihat smartphone secara misterius mengalihkan koneksi Wi-Fi ke koneksi data tanpa Agan lakukan sendiri selaku pengguna, itu dapat terjadi lantaran adanya suatu malware. Program inilah yang mampu mengganti preferensimu serta sanggup terhubung ke internet secara sendirinya.

Jika Agan  melihat kegiatan internet yg tak biasa, cobalah buat memindai smartphone dengan menggunakan antivirus.

Itulah poin-pin pertanda apabila Smartphone Agan sudah terkena sebuah virus atau mallware. Saya harap Agan sekalian lebih bijak dan berhati-hatii bila menggunakan smartphone untuk kepentingan yang sangat vital, khususnya mencakup data diri ataupun keuangan. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Inilah Pertanda Smartphone Anda Terkena Virus"