Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Skype di Ubuntu 20.04 LTS

Aplikasi skype yang dimiliki Microsoft merupakan pelaksanaan paling terkenal yang digunakan untuk pengiriman pesan instan, panggilan audio & video, & membuatkan arsip dan layar. Meskipun panggilan Skype ke Skype & pengiriman pesan instan gratis, namun Agan tetap harus membayar buat menggunakan beberapa fitur lainnya, seperti mengirim teks SMS atau menelepon ke luar aplikasi Skype. Aplikasi ini telah didukung di seluruh platform utama, termasuk sistem operasi Windows, Linux, & Mac.

Skype tidak terpasang secara default dalam sistem operasi seperti Linux. Pada artikel ini, kita akan belajar cara menginstal Skype pada Ubuntu 20.04 LTS OS melalui aneka macam metode. Jika menggunakan versi Ubuntu yang lebih lama  , Agan bisa mengikuti perintah dan prosedur yg sama buat menginstal Skype. Saya akan memakai metode berikut:

Instal Skype melalui Ubuntu Software (GUI)Instal Skype via Snap Store (GUI)Instal Skype berdasarkan situs web resmi (Baris Perintah)

Catatan: Agan membutuhkan hak sudo buat menginstal paket Skype di sistem.

Instal Skype melalui Ubuntu Software (GUI)

Menginstal Skype melalui Software Center Ubuntu adalah cara yang menurut Saya paling gampang. Agan tinggal mengikuti langkah-langkah sederhana seperti berikut berikut buat menginstal Skype di Ubuntu menggunakan Software Center.

Pertama tinggal buka Ubuntu Software Center dengan mencarinya melalui Activities search bar.

Ketika Ubuntu Software Center Agan telah terbuka, klik ikon pencarian di sudut kiri atas kemudian ketik skype. Lalu akan muncul list aplikasi, dari daftar output pencarian, pilih aplikasi Skype, biasanya terletak paling atas.

Tekan tombol Install buat memulai proses instalasi.


Proses instalasi sekarang akan dimulai. Agan dapat melihat kemajuan proses instalasi secara real time. Proses instalasi akan memakan waktu tergantung kecepatan jaringan yang Agan miliki.

Instal Skype via Snap Store (GUI)

Skype juga telah tersedia sebagai paket snap. Snap merupakan aplikasi yg dikemas dengan semua dependensi & pustaka yg diperlukan. Untuk menginstal melalui paket snap, Agan wajib  menginstal snap didalam sistem Agan. Di Ubuntu 16.04 & versi yang lebih baru, snap sudah diinstal secara default. Jika paket ini hilang dari sistem,  Agan bisa menginstalnya menggunakan perintah berikut pada Terminal:

$ sudo apt install snapd

Untuk menginstal paket Skype snap, cukup ketik perintah berikut di Terminal:

$ sudo snap install skype --classic

Instal Skype dari situs web resmi (Baris Perintah)

Dalam metode ini, saya akan mengunduh paket Skype .Deb dari situs web Skype resmi dan menginstal acara menggunakan manajer paket Dpkg. Ikuti langkah-langkah pada bawah ini buat mengunduh dan menginstal Skype.

Langkah 1: Unduh Paket .deb buat Skype

Situs web Skype resmi berisi paket berbeda buat distribusi yg tidak sama. Lantaran saya ingin menginstal Skype pada Ubuntu, aku  akan mengunduh paket .Deb. Untuk mengunduh paket Skype .Deb dari situs web resmi, pakai perintah berikut:

$ wget https://repo.Skype.Com/latest/skypeforlinux-64.deb

Paket yg diunduh melalui perintah wget akan disimpan ke direktori Home.

Langkah 2: Instal Skype Menggunakan Manajer Paket Dpkg

Pada langkah ini, saya akan menginstal paket Skype .Deb yg telah diunduh dalam langkah sebelumnya memakai manajer paket Dpkg. Untuk menginstal paket Skype .Deb, pakai perintah Dpkg, menjadi berikut:

$ sudo dpkg -i skypeforlinux-64.deb

Menjalankan Skype

Untuk menjalankan Skype, tekan tombol super pada keyboard Agan dan ketik skype. Setelah ikon buat Skype muncul, klik ikon buat menjalankan aplikasi tersebut. 

Atau, Agan bisa menjalankan Skype memakai perintah berikut di Terminal.

$ skype

Setelah Skype dijalankan, Agan akan melihat jendela berikut. Klik tombol Let?S go buat masuk ke akun, atau menciptakan akun baru bila belum memilikinya.

Oke, demikian cara menginstal Skype pada sistem Ubuntu 20.04 LTS? Baik menggunakan GUI dan baris perintah. Agan bisa menggunakan salah  satu berdasarkan cara-cara pada atas buat menginstal acara Skype, menurut preferensi dan kemudahan instalasi.

Posting Komentar untuk "Cara Install Skype di Ubuntu 20.04 LTS"