Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Penggunaan Komputer

Seputar Kita - Di bawah ini Saya telah membuat daftar tentang 10 kesalahan teratas yang dilakukan pada para pengguna komputer pemula dan bagaimana agar Agan dapat menghindari kesalahan yang sama.

Tidak mencadangkan file penting

Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Penggunaan Komputer
Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan seseorang saat menggunakan komputer adalah tidak mencadangkan informasi penting. Hari ini, ada begitu banyak metode untuk membuat cadangan informasi Agan sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat cadangan informasi Agan. Pastikan selalu untuk mencadangkan semua informasi penting sebelum terlambat.

Mengklik Selanjutnya (Next) atau Oke tanpa membaca

Semua orang menjadi lebih tidak sabar berkat kepuasan instan yang bisa di nikmati setiap hari dalam dunia Internet. Namun, karena ketidak sabaran inilah, tidak jarang bagi pengguna baru mengklik Oke atau Selanjutnya tanpa membaca dan memastikan tidak ada tambahan yang diperiksa. Pastikan Agan membaca setiap prompt sebelum menyetujuinya, atau Agan mungkin setuju untuk menginstal toolbar browser baru , program yang tidak ingin Agan instal, atau crapware lainnya.

Tidak menyimpan pekerjaan

Saat mengerjakan dokumen penting, baik offline maupun online, pastikan program itu secara otomatis menyimpan hasil pekerjaan Agan. Jika suatu program tidak secara otomatis menyimpan pekerjaan Aagan, Agan perlu memastikan bahwa Agan menyimpan pekerjaan Agan setiap 10-15 menit. Jika komputer kehilangan daya atau lowbat, koneksi internet, atau program macet, semuanya data dapat hilang apabila tidak otomatis disimpan.

Mematikan komputer dengan tidak benar

Dengan semakin banyak pengguna yang belajar di Ponsel Cerdas dan Tablet sebelum mempelajari komputer, tidak semua pengguna baru terbiasa dengan metode yang tepat untuk cara mematikan komputer. Ketika Agan selesai dengan komputer dan ingin mematikannya pastikan untuk menyimpan pekerjaan apa pun, tutup program yang terbuka, lalu matikan komputer dengan benar.

Membuka lampiran email

Metode umum terinfeksi virus komputer atau malware adalah dengan membuka lampiran email. Berhati - hatilah dan ragu pada semua lampiran email yang Agan terima termasuk lampiran email apa pun yang Agan terima dari teman, keluarga, dan rekan kerja. Salah satu taktik paling umum yang digunakan pengguna jahat untuk mengirim virus adalah dari orang yang Agan kenal untuk mendapatkan kepercayaan yang salah.

Tertarik untuk phishing, spam, atau surat berantai

Ketika komputer sudah menjadi teknologi yang lebih aman, dan pengguna semakin mengerti teknologi, banyak orang jahat telah pindah untuk menyerang orang menggunakan taktik phishing . Pastikan Agan mengetahui cara kerja phishing dan bagaimana Agan dapat memastikan bahwa Agan tidak menjadi korban pencurian identitas. Biasanya teknik ini di gunakan pada akun sosial media seperti Facebook.

Spam

Hampir semua spam saat ini didistribusikan oleh komputer yang terinfeksi atau para pengguna jahat. Membalas pesan - pesan spam seperti ini tidak ada manfaatnya dan hanya membuang - buang waktu. Dalam beberapa kasus, seorang spammer bahkan dapat menggunakan balasan Agan sebagai verifikasi,  dan malah dapat mengirimi Aagan lebih banyak spam atau membagikan alamat email Agan kepada para spammer. Jika Agan mendapatkan spam, hapus saja dari kotak masuk Agan dan jangan di balas.

Surat berantai

Agan juga tidak boleh meneruskan kepada teman atau ke Saudara dari surat berantai yang Agan terima. Jika Agan menemukan email yang sulit dipercaya, pastikan itu benar sebelum Agan meneruskan mitos,  rumor atau hoax kepada orang lain. Karena di era sekarang ini sangat banyak beredar berita yang tidak jelas asal usul dan kebenarannya.

Mengunduh dan menginstal perangkat lunak yang buruk

Saat ini, cara paling umum komputer terinfeksi virus, malware, dan crapware adalah dengan mengunduh dan menginstal perangkat lunak buruk di komputer. Selalu berhati-hati terhadap perangkat lunak bebas dan siapa yang memberi Anda perangkat lunak gratis. Untuk mensubsidi biaya, banyak pengembang menyertakan program atau toolbar yang dibundel lainnya, dan jika Anda tidak hati-hati, Anda dapat menginstalnya selama pemasangan. Seperti yang telah Saya sebutkan sebelumnya, selalu baca apa yang sedang dilakukan program saat menginstal.

Meskipun begitu, ternyata membaca juga tidak selalu cukup untuk situs yang menawarkan hal-hal gratis seperti kursor , font , wallpaper , emosi , dan unduhan kecil lainnya. Karena di dalam paket hasil download Agan, dapat digabungkan dengan perangkat lunak buruk lainnya. Saat mengunduh apa pun, ingatlah saran di bawah ini

Di mana Anda mendapatkan unduhan?

 
Banyak di dapati orang yang tidak bertanggung jawab mengunduh salinan sah dari unduhan resmi, kemudian memodifikasi file dengan perangkat lunak berbahaya, lalu mengunggah file dengan nama yang sama. Pastikan Anda mengunduh dari halaman web pengembang atau perusahaan terkemuka.

Jangan pasang pengelola unduhan

Banyak situs menyarankan atau mengharuskan Agan untuk menginstal plugin atau pengelola unduhan sebelum mengizinkan Agan untuk mengunduh program. Alat - alat ini dapat menyebabkan komputer Agan lebih banyak masalah, dan bahkan mungkin memiliki malware atau spyware . Hindari situs apa pun yang mengklaim bahwa sesuatu harus dipasang terlebih dahulu sebelum Agan dapat melanjutkan unduhan Agan.

Hindari Klik iklan di halaman unduhan

Untuk membantu menghasilkan uang dan membayar biaya bandwidth untuk memasok perangkat lunak secara gratis, halaman unduhan biasanya memiliki iklan. Berhati - hatilah terhadap apa pun yang tampak seperti iklan di halaman unduhan. Banyak pengiklan mencoba menipu pengunjung untuk mengklik iklan dengan frasa seperti Unduh Sekarang , Mulai Unduh , atau Lanjutkan dan iklan itu dapat membuka unduhan terpisah.

Batalkan atau tolak setiap unduhan otomatis

Beberapa situs mungkin memberikan tampilan bahwa sesuatu perlu diinstal atau diperbarui sebelum dapat melihat situs atau video. Jangan pernah menerima atau memasang apa pun dari situs apa pun kecuali Agan mengetahui apa yang sedang diunduh.

Tidak memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak

Pembaharuan komputer dan perangkat lunak yang digunakan komputer selalu berkembang. Setelah sebuah program dirilis, bug dan ancaman keamanan akan ditemukan oleh pengguna lain. Menginstal pembaruan terbaru untuk suatu program memastikan semuanya berjalan lancar dan jika perbaikan keamanan ditemukan, perbaiki masalah tersebut, sehingga data Agan tetap aman.

Simpan komputer di pelindung lonjakan arus atau UPS


Jika Agan mencolokkan komputer desktop, laptop, tablet, atau ponsel cerdas Agan ke stopkontak, pertimbangkan untuk menggunakan pelindung lonjakan . Pelindung lonjakan arus dapat membantu melindungi komputer Agan dari badai listrik dan memastikan tidak ada yang rusak jika ada lonjakan yang melewati kabel listrik Anda.

Jika Agan menggunakan komputer desktop, Saya sangat merekomendasikan juga menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) pada komputer Agan. Meskipun UPS lebih mahal, UPS dapat melindungi komputer dari lonjakan dan membuat komputer tetap beroperasi jika daya terputus.

Membeli perangkat keras atau periferal yang tidak kompatibel

Hari ini banyak sekali di temukan jenis - jenis komputer, mulai dari komputer hybrid , laptop , smartphone, dan tablet. Meskipun semua perangkat ini dianggap sebagai komputer, tidak semua perangkat keras kompatibel dengan setiap jenis komputer. Juga, ini berlaku untuk komputer Apple vs. Windows, dan juga termasuk komputer yang menjalankan Sistem Operasi Windows atau Linux.

Sebelum membeli perangkat keras atau memutakhirkan perangkat keras lama, pastikan perangkat itu kompatibel dengan komputer Agan, sistem operasi, dan memenuhi persyaratan sistem .



Posting Komentar untuk "Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Penggunaan Komputer"