Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belalang Berkembang Biak Dengan Cara ?

Belalang termasuk ke dalam serangga yang sangat umum kita jumpai ada di sawah, perkebunan maupun hingga di halaman sekolah kita. Banyak sekali anak - anak yang sangat menyukai menangkap belalang untuk bisa dijadikan mainan, terdapat pula yang menangkapnya untuk dijadikan sebagai makanan yang nikmat, contohnya saja seperti Belalang Goreng dan Belalang Pedas Manis yang terdapat di wilayah Gunung Kidul Jogjakarta sana.

Belalang memiliki sayap, tetapi ia jarang sekali terbang, ia lebih menyukai melompat menggunakan kaki belakangnya yang kuat sebagai tumpuan. Seekor Belalang bisa melompat hingga sejauh 12 sampai 20 kali panjang tubuhnya.
Belalang Berkembang Biak Dengan Cara


Terdapat Tiga bagian utama pada struktur tubuh Belalang, yaitu kepala, dada dan perut. Belalang mempunyai 6 kaki bersendi, 2 pasang sayap untuk terbang dan 2 sungut di atas kepalanya. Sungut atau pendek tersebut memiliki fungsi sebagai indra yang bisa mendeteksi getaran, sentuhan, pergerakan udara, suhu, bau maupun rasa.

Serangga belalang ini juga mengalami siklus metamorfosis tidak sempurna di dalam hidupnya. Apa itu metamorfosi tidak sempurna ?


Dimulai dari telur kemudian belalang muda atau biasa di sebut Nimfa yang belum memiliki sayap, hingga menjadi belalang dewasa atau di sebut Imago.

Cara Belalang Berkembang Biak

Belalang melakukan reproduksi melalui proses perkawinan atau di sebut juga reproduksi generatif. Belalang jantan yang sudah siap kawin akan berada di atas punggung Belalang betina, Kemudian terjadilah proses kopulasi dan penyaluran sperma ke dalam tubuh betina.


Kemudian setelah di buahi, belalang betina tersebut akan bertelur atau di sebut juga Ovipar. Telur - telur belalang biasanya diletakkan di bawah tumpukan daun-daun yang telah gugur ataupun dalam tanah. Belalang betina dapat memiliki 10 sampai 300 buah telur setiap bertelur. Proses bertelur ini biasanya dilaksanakan selama Tiga hingga Empat hari. Telur Belalang memiliki berbentuk seperti butiran - butiran beras kecil yang keras.

Telur - telur Belalang tersebut lalu akan menetas menjadi belalang muda atau Nimfa. Karena belum memiliki sayap, ia hanya dapat berjalan dan meloncat di atas daun atau padatanah saat mencari makan. Nimfa pada belalang biasanya memiliki warna putih atau hijau.


Semakin lama, warna pada tubuh Belalang muda tersebut akan berubah menjadi coklat / hijau dengan memiliki corak hitam atau kuning seperti Belalang dewasa yang sering Agan jumpai pada umumnya. Pergantian warna yang terjadi pada tubuh Nimfa Belalang bersamaan dengan saat terjadinya proses instar atau dikenal dengan pergantian kulit. Dan dapat terjadi hingga sebanyak Lima - Enam kali sebelum menjadi Belalang yang dewasa.

Saat sudah mencapai usia yang dewasa (Imago), Belalang tersebut sudah matang secara seksual dan dapat berkembang biak. Belalang yang dewasa memiliki sayap dan struktur tubuh yang sudah lengkap. Tubuh Belalang betina memiliki ukuran yang lebih besar dari tubuh Belalang jantan.

Posting Komentar untuk "Belalang Berkembang Biak Dengan Cara ?"