Pengganti Microsoft Office untuk Linux Ubuntu

Seputar Kita - Suka atau tidak, Microsoft Office merupakan aplikasi baku dan wajib instal di sebagian besar  lingkungan kerja, forum pendidikan, & tempat kerja pemerintah. Dengan demikian, semua alternatif  MS Office buat Linux secara otomatis harus mengikuti standar MS Office & dievaluasi berdasarkan kompatibilitasnya dengan format arsip yang dibuat sang Word, Excel, dan PowerPoint.

Sebagai pengguna Ubuntu, Agan dapat memilih beberapa alternatif untuk MS Office. Sebagian alternatif MS Office buat Linux dapat diunduh & dipakai secara gratis untuk membuka, mengedit, dan menciptakan dokumen pada aneka macam format file, termasuk .Docx, .Xlsx, & .Pptx.

LibreOffice

Pengganti Microsoft Office untuk Linux Ubuntu
Sumber : Seputar Kita
LibreOffice merupakan alternatif yangg paling mudah buat MS Office di Sistem Operasi Ubuntu. Pertama kali dirilis dalam tahun 2011 sebagai cabang berdasarkan OpenOffice.Org sebuah alternatif MS Office lain yang ditampilkan pula dalam artikel ini. Lantaran LibreOffice selalu menganut proses pengembangan kolaboratif, mengundang pengembang menurut seluruh dunia buat bergabung menggunakan proyek & berkontribusi, proyek ini menggunakan cepat menerima momentumnya.

LibreOffice berfungsi untuk melakukan seperti berikut:

  • Pengolah tulisan dengan menggunakan kemampuan untuk membuat apa saja, dari sekedar paragraf sampai novel.
  • Aplikasi perangkat lunak spreadsheet dengan fitur profesional, dukungan banyak pengguna, integrasi internal menggunakan basis data perusahaan.Impress.
  • Program presentasi buat menciptakan slide dengan teks, gambar, animasi, poin-poin, & elemen lainnya.Draw: Alat diagram & flowcharting menggunakan ukuran laman maksimum 300 centimeter sampai 300 cm.Math.
  • Editor rumus yang telah terintegrasi menggunakan pelaksanaan LibreOffice lainnya & dapat memungkinkan penggunanya untuk memasukkan formula matematika dan ilmiah yang telah diformat dengan sempurna ke dalam dokumen, spreadsheet, & presentasi.Base.
  • Front-end database desktop dengan dukungan native buat MySQL / MariaDB, Adabas D, MS Access, dan PostgreSQL.
Semua pelaksanaan LibreOffice seharusnya sudah mampu utnuk mengganti penggunaan Microsoft Office 2003. Jika Agan menyukai ribbon yg ada di versi yang lebih baru dari MS Office, LibreOffice tampak relatif ketinggalan zaman bagi Agan. LibreOffice benar-benar perdeo dalam arti yang sebenarnya.

WPS Office

Pengganti Microsoft Office untuk Linux Ubuntu
Sebelumnya dikenal sebagai Kingsoft Office, alternatif MS Office buat Ubuntu ini dikembangkan oleh pengembang aplikasi China yg berbasis di Zhuhai, Kingsoft. Apabila ingin memakai WPS Office buat keperluan eksklusif, Agan tidak perlu membayar buat itu. Sementara buat pelanggan bisnis diharuskan buat membeli lisensi komersial.

Sebagai cara lain  gratis buat MS Office, WPS Office menghadirkan desain UI yang luar biasa. Antarmuka penggunanya lebih modern jka dibandingkan menggunakan LibreOffice. Selain itu poly fitur-fiturnya sangat inovatif.

WPS Office 2019 memperkenalkan mode all-in-one, yang mendukung pembukaan banyak sekali jenis arsip pada satu jendela pelaksanaan. Mode ini sangat cantik untuk orang-orang yang menggunakan WPS Office pada laptop dengan layar terbatas.

Versi terbaru berdasarkan WPS Office juga dilengkapi menggunakan seperangkat indera PDF yang komprehensif yg memungkinkan Agan berkomentar, menciptakan anotasi, & mengedit file PDF. Semua fasilitas WPS Office dapat digunakan gratis untuk keperluan pribadi.

Apache OpenOffice

Apache OpenOffice

Tidak lama   selesainya Oracle Corporation mengakuisisi Sun Microsystems dalam 2010, sebagian besar  pengembang yang bekerja pada OpenOffice.Org meninggalkan perusahaan. Tahun lalu, Oracle menghentikan pengembangan untuk OpenOffice.Org & telah memberhentikan tim pengembangan yang tersisa. Untungnya, perusahaan jua tetapkan buat menyumbangkan kode sumber dan merek dagang yang relevan ke Yayasan Perangkat Lunak Apache, yg membuat Apache OpenOffice hidup balik .

Hari ini, Apache OpenOffice telah masuk dalam versi 4, tersedia pada 41 bahasa buat Linux, Windows, dan macOS. Aplikasi ini mempunyai poly kesamaan menggunakan LibreOffice (bagaimanapun juga, keduanya adalah fork menurut alternatif MS Office yg sama), tetapi OpenOffice nir memiliki beberapa fitur & kemampuan krusial, yaitu kemampuan buat menyimpan dokumen .Docx Word.

Menggunakan lisensi Apache, sedangkan LibreOffice menggunakan dual lisensi LGPLv3/MPL. Karena Apache OpenOffice menggunakan lisensi Apache, LibreOffice bisa menggunakan bebas menggunakan fitur-fiturnya, namun pengembang Apache OpenOffice tidak bisa melakukan hal yg sama.

Meskipun popularitas Apache OpenOffice telah terus menurun semenjak 2013, namun aplikasi ini masih dapat menjadi pengganti yg indah buat MS Office untuk semua pengguna Ubuntu yg menghindari penggunaan proprietary software.

OnlyOffice

Alternatif open source buat MS Office ini dikembangkan oleh Ascensio System SIA, sebuah perusahaan menggunakan kantor pusat pada Riga, Latvia. OnlyOffice mencakup semua yg diharapkan pengguna rumahan dan usaha mini   untuk menjadi produktif dan berkembang.

Dengan kemampuan manajemen dokumen yg sophisticated, OnlyOffice membuatnya mudah tetapi permanen sangat terorganisir. Pengguna bisa berbagi dokumen menggunakan satu klik sederhana, berkolaborasi secara online, & mengelola taraf akses buat menjaga berita sensitif permanen terkendali.

Sebagai alternatif MS Office yg lengkap, OnlyOffice menyertakan alat manajemen email yg mudah dipakai yang bisa dipakai buat mengakses akun email apa pun. Ada jua toolkit lengkap buat manajer penjualan, solusi manajemen proyek, pelaksanaan kalender berfitur lengkap, & platform komunitas menggunakan blog, lembaga, & dialog.

OnlyOffice menawarkan kompatibilitas tertinggi dengan format MS Office, dan anda dapat memverifikasi klaim ini menggunakan menginstal OnlyOffice pada server atau personal komputer  desktop.

SoftMaker FreeOffice

SoftMaker adalah perusahaan aplikasi Jerman, & FreeOffice merupakan produk andalannya. Versi terbaru berdasarkan alternatif multi-platform MS Office ini terdiri dari pengolah istilah TextMaker, spreadsheet PlanMaker, pelaksanaan perangkat lunak presentasi SoftMaker Presentations, bahasa scripting BasicMaker, dan versi modifikasi Thunderbird.

Kekuatan terbesar menurut FreeOffice merupakan kompatibilitasnya yang hebat dengan format file MS Office. Menggunakan FreeOffice, nir perkara bila Agan lebih suka  sajian tradisional dan toolbar atau ribbon karena bisa beralih pada antara mereka kapan saja. Mode sentuh khusus mengoptimalkan antarmuka pengguna FreeOffice buat perangkat sentuh.

Namun di sayangkan, FreeOffice adalah alternatif MS Office yang telah dipatenkan, & Agan harus mendaftar secara online buat bisa menggunakannya. Agan bisa menaikkan ke edisi Professional & menikmati spell checker yang lebih baik menggunakan beberapa kamus & dukungan buat Windows Group Policy.

Dengan banyak sekali opsi aplikasi pengganti buat microsoft office di atas, silahkan pilih & coba mana saja pengganti office yang terdapat pada di atas yang cocok buat menyelesaikan pekerjaan Agan di Ubuntu.

Lebih baru Lebih lama